Pelita8, Lhoksukon – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unimal berposko di Desa Matang Janeng, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara ciptakan software berbasis pembelajaran interaktif untuk mengajarkan anak-anak di desa binaannya.
“Software atau sebuah perangkat dalam komputerisasi ini diciptakam berupa sebuah game quis dengan beberapa kategori pelajaran di dalamnya. Awalnya, ide pembuatan software ini di rakit melihat kurangnya minat belajar anak-anak dalam belajar,terutama dalam pelajaran matematika dan bahasa inggris,” Cut Rismayanti, Humas KKN desa setempat kepada Pelita8.com, Selasa 10 Mei 2016.
Risma menambahkan hasil dari rakitan tersebut, mereka (anak-red) tampak antusias saat melihat game di laptop mahasiswa oleh karena itu software pembelajaran interaktif ini di ciptakan secara baik dan berguna.
Asyraf Akmal, selaku perakit game pada software ini mengatakan antusias anak-anak sangat tinggi untuk bermain game, bahkan mereka tidak sadar sedang mendapatkan ilmu saat memainkan game yang pihaknya buat.
"Software ini baru versi 1.0 , jika mendapat sambutan yang baik dari masyarakat setempat kemungkinan kita akan buat versi selanjutnya dengan tambahan kategori pelajaran. Kita juga terbuka jika ada request dari pihak lain terhadap game ini" imbuhnya lagi,” kata Asyraf
Selain itu, Ananda Ditha SN, selaku desainer UI software ini mengatakan game tersebut sengaja dibuat untuk komputer maupun laptop agar lebih efektif dalam pemaparannya ke anak-anak dan sengaja tidak kita pakai suara agar ringan di download oleh tempat-tempat yang minim jaringan.
“Software pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak dengan cara yang menyenangkan,” sebut Ananda
Ananda menyebutkan softwere pembelajaran interaktif ini dapat di download https://www.dropbox.com/s/5b9v6t82u65btvl/Belajar%20Pintar.rar?dl=0. ()
Penulis : Cut Rismayanti
Editor : M. Sikumbang
Tidak ada komentar: