Pelita8, Lhoksukon –
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unimal berposko di Desa Matang Janeng,
Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara ciptakan software berbasis pembelajaran
interaktif untuk mengajarkan anak-anak di desa binaannya.
“Software atau sebuah
perangkat dalam komputerisasi ini diciptakam berupa sebuah game quis
dengan beberapa kategori pelajaran di dalamnya. Awalnya, ide pembuatan software
ini di rakit melihat kurangnya minat belajar anak-anak dalam belajar,terutama
dalam pelajaran matematika dan bahasa inggris,” Cut Rismayanti, Humas KKN desa
setempat kepada Pelita8.com, Selasa 10 Mei 2016.
Risma menambahkan hasil
dari rakitan tersebut, mereka (anak-red)
tampak antusias saat melihat game di laptop mahasiswa oleh karena itu software
pembelajaran interaktif ini di ciptakan secara baik dan berguna.
Asyraf Akmal, selaku
perakit game pada software ini mengatakan antusias anak-anak sangat tinggi
untuk bermain game, bahkan mereka tidak sadar sedang mendapatkan ilmu saat
memainkan game yang pihaknya buat.
"Software ini baru
versi 1.0 , jika mendapat sambutan yang baik dari masyarakat setempat
kemungkinan kita akan buat versi selanjutnya dengan tambahan kategori
pelajaran. Kita juga terbuka jika ada request dari pihak lain terhadap game
ini" imbuhnya lagi,” kata Asyraf
Selain itu, Ananda Ditha SN,
selaku desainer UI software ini mengatakan game tersebut sengaja dibuat
untuk komputer maupun laptop agar lebih efektif dalam pemaparannya
ke anak-anak dan sengaja tidak kita pakai suara agar ringan di download oleh
tempat-tempat yang minim jaringan.
“Software pembelajaran
interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan anak dengan cara yang
menyenangkan,” sebut Ananda
Ananda menyebutkan softwere
pembelajaran interaktif ini dapat di download https://www.dropbox.com/s/5b9v6t82u65btvl/Belajar%20Pintar.rar?dl=0. ()
Penulis : Cut Rismayanti
Editor : M. Sikumbang
Tidak ada komentar: