ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Hasil Kerajinan Gampong Pande @Tika

ACEH  UTARA - Gampong Pande, Kecamatan Tanah Pasir, Aceh Utara dikenal sebagai penghasil rencong di daerah pesisir wilayah Pase (Aceh Utara dan Lhokseumawe). Kerajinan yang menjadi ikon provinsi paling barat itu sangat membantu mendulang pundi-pundi rupiah bagi para pengrajinnya.

"Desa tersebut jumlah penduduk nya kurang lebih 1200 penduduk Ada sekitar 80 persen penduduknya mendulang rupiah dari hasil membuat berbagai jenis rencong," kata Tika Pratiwi, Mahasiswa KKN Unimal di desa setempat kepada pelita8.com, Rabu (18/5). 

Kata Tika,  Gampong Pande dinobatkan menjadi juara 2 pandai besi tingkat nasional se-Indonesia pada 15 Agustus 2015 yang lalu di Jakarta. Saat itu diwakili oleh kelompok Kube Sejahtera yang diketuai oleh Bapak M.Yusuf dan wakilnya Bapak Amri namun sangat di sayangkan, masyarakat Aceh Utara sendiri tidak mengetahui hal tersebut.

Tika menambahkan, di tangan pengrajin pandai besi gampong Pande, logam dapat berubah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi seperti pisau, alat-alat dapur, sabit, parang, cangkul, sekrup, rampagoe/alat pengupas pinang, senjata khas daerah, sangkur,  hingga pedang.

Hasil pengrajin ini dipasarkan ke seluruh wilayah Aceh sampai ke provinsi lain seperti Sumatera Utara.

@humas kkn unimal gampong Pande
editor: M.Sikumbang


About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top