ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Timun Suri yang akan dipanenkan pada bulan puasa, Sabtu (28/05) Fhoto : Syahrul

Aceh Utara – Menanam timun suri, sudah menjadi kebiasaan petani di Desa Ule Blang, Kecamatan Nisam, Kabupaten Aceh Utara setiap menjelang bulan Ramadhan, Sabtu (28/5).

Salah seorang petani timun suri Razali, mengatakan dua bulan menjelang bulan puasa kami sudah menanam timun suri sehingga tanaman ini akan dipanenkan sebelum puasa.

Buah ini biasanya menjadi salah satu minuman favorit berbuka puasa yang dicampurkan dengan sirup merah, minuman ini juga berkhasiat untuk kesehatan, katanya.

Dirinya, mengakui membudidayakan tanaman khas bulan ramadhan tidak susah, bahkan modal yang dikeluarkan sangat kecil sementara hasil panen lumayan besar.

Masa tanam timun suri ini hanya membutuhkan waktu selama 60 hari untuk memasuki musim panen menjelang bulan puasa, namun untuk tahun ini hasil panen petani berkurang dan buahnya terlihat kecil. karena disebabkan faktor curah hujan yang sedikit dan kurangnya air. Hal ini menjadi salah satu kendala bagi para petani timun suri di Aceh Utara, terang Razali.

Lebih lanjut Razali, menyampaikan timun suri ini biasa dibeli oleh penampung (agen,red) dengan harga bervariasi dari harga Rp 1.000 hingga Rp 6.000/ buah. (Syahrul/ Ading).

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top